Cara Mengetahui Berita Hoax Atau Bohong

Hai teman-teman!

Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia! Senang ya sekarang media punya peran yang besar dalam membentuk dunia. Nggak percaya? Buktinya Obama menang dengan kekuatan media sosial, Trump pun bisa menang karena berkali-kali menggunakan ujaran kebencian di media sosial dan mengutuk media mainstream seperti TV dan koran. Video sepotongnya Buni Yani juga meletupkan sejumlah demo dan menjebloskan seorang Ahok ke meja hijau. 

Sekarang warga pun bisa berbagi informasi lewat media sosial atau biasa dikenal dengan jurnalisme warga. Sayangnya tidak semua informasi tersebut valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Tapi kita bisa kok mengkritisi dan mengetahui sebuah berita itu hoax atau tidak dan bagaimana konteksnya?

Nah aku ingin berbagi ilmu yang aku dapat saat ikut "Fact-Checking and Social Verification Workshop" yang diselenggarakan oleh Google News Lab dan First Draft di World Press Freedom Day pada tanggal 2 Mei 2017 lalu nih. 

Google News Lab adalah anak usaha Google yang fokus pada peningkatan kualitas berita. Sementara First Draft adalah LSM yang berdedikasi untuk meningkatkan skill dan standar dari reportase dan pembagian informasi yang dilakukan secara daring. Keduanya memberikan panduan secara praktis maupun etis untuk mencari tahu, memverifikasi dan mempublikasi konten yang berasal dari situs sosial.

Test The Water
Sebelum memulainya, mari kita coba kuis di bawah ini! Temukan seberapa baik kamu menentukan ini hoax atau bukan di Kuis Buzzfeed

Gimana? Sense hoax-news kamu masih buruk ya? Untuk tahu berita itu bohong apa nggak, butuh effort lebih. Pertama, kita ambil sendiri video itu nggak? Atau kita saksikan langsung gak? Lalu kalau nggak, kita harus tahu siapa yang menyebarkan? Apakah dia sendiri yang mengambil video itu? Lalu kita cari tahu lagi kapan video itu diambil? Kenapa dia ambil video itu?

Sekarang yuk kita cobain situs-situs yang bisa membantu mengetahui hoax atau bukan.

Amnesty YouTube Data Viewer
2. Salin YouTube link ini: https://www.youtube.com/watch?v=1w6bwNFrbfE
3. Tempel link di YouTube viewer - apa yang kamu lihat?
4. Klik di Reverse Image Search - apa yang kamu lihat? Klik salah satu link dan investigasi the file asli video. Apa katanya?

Bocoran: video ini sempat viral, katanya hewan yang ada di video ini adalah hasil dari persilangan babi dan sapi. Ternyata itu hoax dan yang sebenarnya itu adalah hewan sapi jenis Belgian Blue.

EXIF data
1. Buka situs EXIF Data
2. Masukkan foto di bawah ini ke EXIF checker - apa informasi yang dimunculkan?















Bocoran: kalau data muncul, berarti itu foto legit!

Street View
1. Lihat gambar ini












2. Buka Google Maps
3. Ketik museum-nasional-indonesia
4. Masuk ke street view
5. Bandingkan foto yang tadi dengan lokasi yang sebenarnya di Google Street - terlihat sama kah?
Intel Techniques
2. Klik di tab “Real Name” di sidebar
3. Ketik nama narasumber yang ingin anda kepoin.
4. Muncul apa saja?

Bocoran: sangat penting untuk tahu siapa yang menyebarkan video, karena kita bisa tahu motivasinya apa dan jejak apa yang pernah dia tinggalkan di sosmed. Kalau lihat sosmed dia cenderung gak aktif dan akunnya baru dibikin, patut diduga itu akun tidak kredibel.

Skill Check
Setelah kita coba beberapa tools ini, sekarang aku mau cek skill kalian! Yuk coba quiz dari First Draft di link ini

Bocoran: kalian harus kritis sama petunjuk yang ada di tempat tersebut. Any kind of sign itu bisa ditelusurin kok! Especially yang menyangkut merk suatu produk, nomor plat, nomor bus, itu bisa jadi clue. Eh udah ah bocorannya kebanyakan!


Ini beberapa dari yang diajarin di Google News Lab, tapi ini yang menurutku paling basic dan bisa bantu kita untuk menelusuri kebenaran sebuah berita. Jadi, jangan cepat percaya ya sama berita yang muncul di media sosial. Jadilah pembaca yang kritis dan mencari kebenarannya.

Ditulis di Jakarta, 7 Mei 2017

Comments

Popular posts from this blog

Lidah Digoyang di Palembang

Kandasnya Gugatan Karhutla 7,9T

Memburu Gerhana di Jembatan Ampera