Health Agent Experience

"Buat para mahasiswa, kamu pernah punya pengalaman yang menginspirasi lingkungan terdekat (keluarga, kampus, lingkungan rumah) untuk hidup sehat dengan gayamu sendiri?"


Ketika dikatakan pengalaman yang menginspirasi lingkungan terdekat untuk hidup sehat dengan gaya gue sendiri, maka hal pertama yang terlintas di benak gue adalah mencari tahu terlebih dahulu pengertian pengalaman hidup sehat secara harfiah.

Apasih pengalaman hidup sehat itu?

Mari kita lihat makna leksikal dari susunan leksem yang membentuk frase ‘pengalaman hidup sehat’ itu!

peng·a·lam·an n yg pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung, dsb)
hi·dup v 1 masih terus ada, bergerak, dan bekerja sebagaimana mestinya (tt manusia, binatang, tumbuhan, dsb)
se·hat /séhat/ a 1 baik seluruh badan serta bagian-bagiannya (bebas dr sakit);


Maka bila dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pengalaman hidup sehat adalah suatu hal yang pernah dijalani dimana pada saat itu kita dapat bergerak dan bekerja sebagaimana mestinya sebagai manusia dalam keadaan baik seluruh badan serta bagian-bagiannya.

Baiklah, kajian makna leksikal gue rasa cukup ya. Sekarang gue mau cerita dan berbagi pengalaman nih, tentang pengalaman hidup sehat yang pernah gue alamin! Lo semua tentu pernah denger bahwa keluarga adalah tempat pertama seorang anak mendapatkan banyak pelajaran dong? Nah pelajaran tentang hidup sehat ini pun kebanyakan gue dapet pertama kali dari bokap dan nyokap gue! Jadi jadi, gimana sih hidup sehat ala Nadski?!?

1. Minum jus buah
Dari kecil nyokap selalu ngejejelin jus buah setiap pagi. Semua jenis buah kayaknya udah pernah di blender deh buat gue! Mulai dari buah-buahan yang normal untuk dibuat jus seperti nanas, apel, mangga, pisang, sampai ke varian buah yang tak terduga seperti paprika, kurma merambah ke sayur seledri, bayam dan ketimun (?). Absurd sekali kan buah-buahannya!? Tapi untuk buah-buahan aneh itu biasanya nyokap gue campur sama buah-buahan normal yang enak, jadi ya rasanya gak terlalu abstrak lah ya hahah. Setiap gue reject just buah yang aneh itu, nyokap gue selalu memotivasi dengan bilang “ayo diminum jus-nya, organ tubuhmu pasti nari-nari kesenengan pas jus-nya masuk ke perut, hore horee jus-nya sehat banget”. Dan kalimat itu selalu bisa bikin gue semangat untuk minum jus itu!
Jus buatan ibu, campran pepaya + nanas + paprika!

2. Membuang sampah pada tempatnya
Setiap melakukan kegiatan yang menimbulkan sampah, baik sampah yang besar maupun sampah sekecil segel botol air mineral, gue selalu berusaha membuangnya pada tempatnya. Kalo nggak ada tempat sampah, gue selalu simpen di dalem tas gue dulu. Gue terkenal paling galak kalo masalah buang sampah pada tempatnya. Misalnya temen gue yang suatu hari buang puntung rokok di jalan. Langsung gue suruh dia ambil lagi puntung rokok itu dan membuangnya ke tempat sampah! Tapi dia bilang “ah sekali-sekali”, terus gue marahin dia “kalo ada 100 orang yang mikir sama kayak lo gitu, bakal ada 100 puntung rokok setiap harinya yang kebuang di tempat yang gak bener!”. Sekarang gini deh, kalau lingkungan kotor dan banyak sampah bertebaran, gimana mau kondusif belajar? Udah gitu bisa timbul penyakit juga lho dari sampah-sampah itu!
Tempat sampah yang ada di kampus gue, FH UI.
Tempat sampah ini sumbangan dari angkatan 2006 :D

3. Minum air mineral 8 gelas dalam sehari 
Wah, kalo ini sih harus banget sih, supaya nggak batu ginjal! Eh air mineral sama air putih beda loh! Kalo air putih itu susu, kalo air mineral itu gak ada warnanya alias bening, cyin!! Haha oke gapenting. Jadi gimana sih minum air mineral 8 gelas sehari gitu? Kan kembung! Eh tunggu dulu, coba dihitung ya. Habis makan pagi minum kan pasti? 1 gelas. Sampe kampus haus, minum lagi? Jadi udah 2 gelas. Abis makan siang pasti minum dong? Jadi 4 gelas. Abis makan malem? Jadi 5 gelas. Terus ya tinggal 3 gelas lagi nih diselipin di antara makan-makan itu :D


4. Olahraga pagi dan sore
Ini kebiasaan yang datang dari sekolah menengah atas gue yaitu di TN yang mewajibkan setiap pagi dan sore untuk berolahraga. Setiap pagi gue senam atau lari pagi keliling sekolah. Setelah gue googling ternyata olahraga setiap hari setidaknya 30 menit itu lebih baik daripada satu minggu sekali langsung berjam-jam! Dan juga olahraga bisa membuat badan kita segar dan tentunya menghindarkan dari kemungkinan-kemungkinan penyakit jahat yang biasanya menempel pada orang-orang yang kelebihan berat badan! Waktu belum sibuk-sibuknya kuliah gue beberapa kali olahraga pagi dengan sepedahan sama temen-temen di daerah Sudirman saat Car Free Day. Seru deh! Ya walaupun memang susah ya yang namanya menghilangkan 'ke-mager-an' untuk olahraga, tapi coba paksain deh! Olahraga itu sepenting itu loh teman-teman!

It's Car Free Day!

Istirahat habis Car Free Day

Morning jog with dad at GOR Bung Karno


5. Naik kendaraan umum ke kampus
Kenapa sih gue bilang ini pengalaman hidup sehat? Karena dengan naik kendaraan umum, kita telah mengurangi polusi yang kita keluarkan kalo kita nyetir kendaraan sendiri! Dengan itu akan mengurangi polusi yang orang lain hirup sehingga orang lain akan menjadi lebih sehat juga! Ya nggak sih? Bayangin di mobil misalnya, cuman nyetir sendiri atau mungkin yah maksimal berlima deh. Begitu juga kalau nyetir motor, cuman bisa berdua malah. Tapi kalau di kereta? Bisa berratus-ratus orang broo para roker-nya alias rombongan kereta! Selain itu juga akan membuat kita lebih bergerak kan! Dengan berjalan ke gerbong depan atau berjalan dari loket beli karcis ke peron tempat nunggu kereta. Sesedikit apapun gerakan dan keringat yang keluarkan, akan lebih banyak dari nyetir kendaraan pribadi deh dijamin! :P
Gue udah punya sobat perjalanan kereta selama berangkat ke kampus. Seneng deh! Ternyata lumayan banyak juga yang berangkat ke kampus naik kereta. Ada yang naik dari Gambir, dari Tanah Abang, dari Tebet, ada juga yang dari Cawang. Lucky me di kampus Universitas Indonesia tercinta ada stasiun kereta khusus berhenti disitu. Ada yang berhenti di Gerbang Utama ada juga yang berhenti di Pondok Cinta eh Pondok Cina! :P
Stasiun Sudirman di pagi hari!
Itulah tadi lima pengalaman hidup sehat yang selama ini gue terapkan yang (semoga saja) menginspirasi orang-orang di sekitar gue sekarang ini. My experiences may sound rather simple, but just simply do this everyday! Yang gak pernah minum jus, coba lah minum jus. Atau... Makan buah deh! Yang gak pernah gerak alias para magerista, ayolah jalan-jalan sehat yuk! Yang selalu bawa kendaraan pribadi, cobalah sekali-kali naik kereta, busway, angkot :P Niscaya hidup akan lebih sehat deh hihi. Yuk yuk start from now, sebelum frase Sehat itu Mahal berlaku buat kalian! Semoga menginspirasi pembaca ya! Keep spreading the positivity guys, because big act starts from a small step! :)

Nah, untuk tahu produk sehat yang mendukung hidup sehatmu, do check: www.nutrifood.co.id

Xoxo,
NSA

Comments

Sarman Sagala said…
tetap hidup sehat dan keep share..
Yap! Healthy life is good. Your article is nice too! Keep share :D

Popular posts from this blog

Lidah Digoyang di Palembang

Kandasnya Gugatan Karhutla 7,9T

Angan-Angan Mudik Apik