Tips Belajar :)

Yeaaaaaaaaay, akhirnya beberapa pengumuman pelajaran keluar lagi hari ini.... Ada fisika, kimia, bahasa (jepang, indonesia, inggris, planet -eh ngga deng), dan TIK (tekonologi informatika). Berita gembiranya, gue lolos semuaaaa!!~ Uhh how amazing. Terutama pelajaran fisika! Uhh mendingan bolak balik nyuci dua ember daripada harus ngerjain soal2 fisika deeeeh euuurrgh *tapi kalo embernya segede buat anak bayi mandi juga ogah deh* haha. Kimia juga tuh, biasanya gue her gitu.. Sekarang loloooos. Dan kata pamongnya (sebutan guru di tn itu pamong), nilai gue tumben2an gitu bagus kimianya.. yeaay :D
Senengnya lagi, nilai TIK gue kedua tertinggi di kelas! Hmmm nilai-nilai gue yang sekarang jauh berbeda dengan nilai2 saat ulangan harian! Setelah gue telusuri dan gue rumuskan *cailah* gue mendapatkan beberapa hipotesa:


1. Buat manajemen belajar. Buat target target, hari ini belajar bab berapa sampe bab berapa. Buat deadline2 untuk masing2 pelajaran. Bagi yang udah penjurusan, fokusin ke pelajaran utama. Misalnya IPA, kuatin pelajaran eksaknya, kalo mau bimbel atau rajin2 tanya ke guru! Be active man!
2. Jangan bermain facebook saat sedang ulangan!! (lebih baik dideaktifasi, karena menjadi tidak ada gairah untuk membuka facebook)
3. Sebenarnya tidak hanya facebook, no twitter, no blogging, no msn, no ym, no connection with internet! Jadi gaptek untuk sementara gak papa kok!
4. Buat kalimat2 afirmatif di selembar kertas kecil/besar (ukuran bisa disesuaikan) kalau bisa berwarna terang. Kalimat2 afirmatif itu kalimat penyemangat yang bisa memotivasi kita. Misalnya: "Usaha+Doa=Sukses" atau "Inget orang tuamu, kakak/adikmu!!" Ingat, kertasnya warna terang ya, karena menurut penelitian, warna yang terang bisa membuat kita semangat.
5. Pasang foto orang2 terdekat, bikin callout disampingnya. Kalo orang tua, tulis "Ayoo adek belajar, biar bisa liburan ke hongkong" atau mungkin pacar, "Ayo sayaaang belajar dong"
6. Pasang foto teman yang pinterrr banget di meja belajar. Trus disampingnya tulis "Eh gue lagi belajar looooohhh..."
7. Main taruhan sama temen2. Main tinggi2an nilai sama dia, kalo kalah ada hukumannya. Misalnya minta traktir. Bakalan ada prestis tersendiri kalo menang!
8. Banyak2 berdoa!! Kalo islam, tambah sholat lima waktunya sama shalat dhuha dan tahajud..
9. Berbuat baik sama orang-orang!
10. Yakin sama diri sendiri, dan ingat! JANGAN PERNAH MENYONTEK!!! :)


Kalo tips belajar kalian gmn??

Comments

Nisa Puspasari said…
JANGAN PERNAH MENYONTEK!!! :)


SMA kalo ga nyontek ga seru gilaaaaaak!!! hahahaha


eh tp di TN jangan deng ya hauhuahak

Popular posts from this blog

Lidah Digoyang di Palembang

Kandasnya Gugatan Karhutla 7,9T

Angan-Angan Mudik Apik